MOBIL MONSTER RALLY GRUP B YANG SPEKTAKULER

Di suatu masa dulu dimana jalanan-jalanan yang dijadikan stage untuk ajang World Rally Championship pernah dilewati oleh mobil-mobil rally spektakuler. Mobil-mobil tersebut tidak aja menarik bentuknya tapi juga sangar dan performa yang dahsyat. Karena mobil-mobil Rally itu diperkuat dengan mesin Turbocharger menyemburkan tenaga sampai 500 daya kuda!

Memiliki power besar apalagi didukung sistim penggerak mengaplikasikan four wheel drive, menjadikan mobil mampu meluncur sangat cepat di permukaan pasir gravel ataupun tanah. 


Audi Quattro S1



Tapi dengan power sekuat itu tanpa di dukung driver dengan skill tinggi bisa aja situasi akan berbalik menjadi berbahaya. Karena tidak mudah mengendarai mobil yang mengeluarkan tenaga sangat besar pada kecepatan tinggi pada permukaan jalan berpasir atau tanah licin. Mobil terlempar keluar lintasan dalam hitungan detik kalau driver melakukan kesalahan.



Audi Quattro engine Inline 5 cylinder DOHC Turbocharged




Kemampuan akselerasi mobil Rally grup B sangat fantastis cepat. Lancia Delta S4 yang dikemudikan pereli Henri Toivonen mampu ber- akselerasi dari 0 ke 100 km dalam waktu hanya 2.3 detik saja di permukaan gravel..luarbiasa!


Pembalap F1 Nigel Mansell yang pernah mencoba mengemudikan mobil rally grup B Peugeot 205 Turbo16 mengatakan : " Mobil tersebut akselerasinya dapat mengalahkan akselerasi mobil F1 Williams Renault" . Mansell mengendarai mobil F1 Renault pada musim balapan Grand Prix F1.

Lancia Delta 1759cc Turbocharged 480hp


Mobil Rally grup B lahir dengan tujuan memperlihatkan kemampuan puncak teknis para produsen otomotif dengan menciptakan mobil super yang belum pernah diproduksi sebelumnya di ajang Rally Dunia. Pertama kali FIA menyelenggarakan Rally group B dengan mobil spektakuler ini pada tahun 1982. 

Aturan membolehkan menggunakan komponen dari material eksotik / high Tech. Mobil dibuat seringan mungkin dan power mesin yang menggunakan sistim Turbocharger dibolehkan dengan Boost sebesar - besarnya. Power mesin mobil Rally yang sebelumnya di rentang 280 horsepower, naik drastis menjadi diatas 500 hp ...dahsyat!


Lancia Delta S4 Engine Turbocharged


Peugeot 205 Turbocharged 1775cc 500hp



Dengan kejadian kecelakaan tragis yang menimpa Perally Henri Toivonen dan Navigatornya pada seri Rally Tour De Corse tahun 1986, mobil Rally Group B dihentikan oleh FIA. Era mobil rally yang istimewa berakhir dengan memberikan kenangan yang baik dan buruk. Terjadinya beberapa kecelakaan yang dialami oleh Driver maupun juga penonton.

Tapi mobil ini sempat membuat takjub para penggemar Rally Dunia dengan power mesin yang luarbiasa, kecepatan mobil yang tinggi dan suara yang menggelegar di tiap stage yang dilalui.

No comments:

Post a Comment