MEMELIHARA IKAN PIRANHA DI AQUARIUM







Mungkin semua orang sudah mengetahui ikan piranha adalah jenis ikan yang ganas,buas tanpa rasa takut. Dapat menghabiskan daging hewan mamalia yang terjatuh di sungai sampai hanya tulang belulang saja.

Apalagi dengan adanya film-film yang meng-eksploitasi piranha sebagai ikan yang ditakuti. Kalau manusia tidak sengaja jatuh ke sungai yang berisi ikan piranha, maka tanpa ampun akan disantap sampai habis.

Sebenarnya Mitologi keganasan ikan piranha tidak sepenuhnya benar seperti yang didengar atau dilihat dalam film-film tersebut. Kira-kira 20 an jenis ikan piranha di Amazon adalah omnivora yaitu tidak saja memakan daging tapi juga biji-bijian dari tanaman yang tumbuh di sungai-sungai Amazon.

Makanan utama piranha adalah ikan-ikan di sungai-sungai Amazon seperti jenis cichlid dan catfish. Waktu ukuran kecil, piranha memakan cacing, serangga juga sisik dan sirip ikan yang lebih besar. Ikan piranha kecil ini mendekati dengan cara diam-diam ikan yang di incar dan dengan cepat menggigit sisik ataupun sirip ikan tersebut kemudian lari..

 Piranha yang hidup bergerombol seperti pygocentrus caribe, pygocentrus piraya biasanya mencari mangsa dengan cara berkelompok. Mencari target ikan yang kurang sehat atau lemah, maka ikan tersebut dengan mudah diserang tanpa dapat lari menjauh.

Ketika musim anak-anak burung mulai belajar terbang, biasanya piranha caribe bergerombol dibawah ranting-ranting pohon yang berada diatas air sungai. Dengan tujuan menunggu ada bayi burung yang terjatuh ke sungai. Setelah mendarat di air, maka piranha dengan cepat melahap, memangsa bayi burung sampai habis.

Piranha yang berkelompok yaitu genus pygocentrus, biasanya akan menjadi ganas apabila di waktu musim kering, dimana air sungai hutan Amazon menjadi surut. Akibatnya membentuk danau-danau kecil yang terpisah dari aliran sungai besar. Kelompok-kelompok piranha menjadi terkurung di danau-danau kecil tersebut. Ikan-ikan yang menjadi mangsanya lama-kelamaan berkurang atau tidak ada lagi yang tersisa. Keadaan itu membuat kelompok piranha menjadi kelaparan dan kanibalisme antara piranha akan terjadi. Pada saat itulah, menjadi berbahaya apabila ada manusia masuk berenang ke danau tersebut, yang dipenuhi kelompok ikan piranha yang kelaparan.

Penduduk yang mendiami sungai-sungai di Amazon sudah faham keadaan dimana ikan piranha akan menjadi berbahaya seperti di danau-danau kecil yang ter-isolasi disaat musim kering dan dimana yang tidak menjadi ancaman. Mereka sudah terbiasa mandi dan menangkap ikan di sungai-sungai Amazon tanpa ada rasa kekuatiran digigit. Dan ikan-ikan piranha ternyata adalah jenis ikan yang enak untuk dikonsumsi.

Ikan piranha sebenarnya ikan yang mudah takut dan stress apabila dipelihara di aquarium. Mungkin beberapa dari genus serrasalmus, seperti serrasalmus rhombeus spesimen dewasa. Menurut Hobbyist mempunyai temperamen yang berani dan akan menggigit apa saja yang masuk ke dalam aquarium, termasuk jari tangan si Hobbyist. Tapi  itu lebih karena didorong oleh insting teritorialnya. Jadi harus ber hati-hati kalau hendak melakukan sesuatu pada bagian dalam aquarium.

Piranha jenis red bellied nattereri (Pygocentrus Nattereri) adalah yang umum dipelihara orang. Jenis ini banyak tersedia karena mudah di kembang-biakan. Nattereri biasa hidup berkelompok dan akan menjadi mudah stress atau takut kalau dipelihara hanya single saja di dalam aquarium. Dengan itu sebaiknya memelihara jenis ini lebih dari satu ekor untuk menghindari ikan stress.

 

Red Belly Nattereri  ( Pygocentrus Nattereri)




  











Caribe (Pygocentrus Caribe) piranhawarehouse.co.uk



.












Piraya (Pygocentrus Piraya) piranhawarehouse.co.uk















Kalau genus pygocentrus piranha biasanya bergerombol di habitat liarnya, lain lagi dengan genus serrasalmus piranha. Dimana genus ini lebih pada hidup secara soliter. Makanannya tetap sama dengan genus pygocentrus piranha. Kadang genus serrasalmus ikut pula berburu bersama mencari mangsa dalam kelompok genus pygocentrus piranha.

Karena sifatnya yang agresif  ke sesama piranha, maka genus serrasalmus tidak bisa dipelihara lebih dari satu ekor atau berkelompok didalam aquarium. Sifatnya yang agresif dan teritorial akan menimbulkan perkelahian satu sama lain yang diakhiri salah satu ikan mengalami luka berat ataupun kematian

Di genus serrasalmus, menurut ahli, bahwa serrasalmus rhombeus atau black piranha mempunyai kekuatan rahang (bite force) yang sangat besar berbanding dengan rasio berat tubuhnya. Di simpulkan piranha rhombeus dapat memutuskan lengan orang dalam beberapa kali gigitan. Rhombeus atau black piranha atau blue diamond rhombeus adalah salah satu dari piranha yang ukurannya besar di genus serrasalmus.


Serrasalmus Rhombeus - www.aquariumdomain.com


















Genus Pygocentrus :

Pygocentrus Piraya habitat sungai Sao Fransisco Amazon Brazil. Dijuluki sebagai " King of Pygo" .Di habitat aslinya panjang ikan bisa mencapai 50cm dan hidup secara berkelompok. Mempunyai corak menarik warna kuning atau orange dibagian perutnya. Kadang membentuk lidah api berwarna kuning atau orange. Memerlukan aquarium berukuran besar kalau ingin dipelihara lebih dari satu ekor. 3 ekor Piraya ukuran 30-35cm akan merasa nyaman di aquarium ukuran 1200 liter. Karena ukurannya yang besar, perlu penanganan yang sangat hati-hati jika mau memindahkan. Kalau sampai tergigit, maka dapat menyebabkan luka yang sangat serius. Piraya termasuk jarang tersedia di pasaran, maka harganya bisa dipatok cukup mahal. Piranha ini di alam liarnya juga dianggap berbahaya bagi manusia pada situasi tertentu.

Pygocentrus Caribe Habitat di seluruh sungai Orinoco. Panjang 38cm. Di alam aslinya ikan ini berkelompok dalam jumlah besar dan menjadi berbahaya bagi hewan ataupun manusia apabila berenang ditempat-tempat dimana caribe biasa memburu mangsanya. 
Tepi danau yang terdapat sarang burung, biasanya tempat ini caribe berkumpul menunggu anak-anak burung terjatuh. Untuk itu tidak disarankan manusia masuk ke air, karena caribe akan mengira itu adalah makanannya.
Caribe di aquarium lebih agresif dibandingkan dengan nattereri. Karena sifatnya yang suka berkelompok di alam liar. Piranha ini baik dipelihara lebih dari satu ekor. Aquarium ukuran 360 liter bisa menampung 3 ekor caribe dewasa ukuran 20-25cm.

Pygocentrus Nattereri  Habitat  sungai Amazon, sungai Parana Paraguay, Argentina, BolIvia. Panjang 33cm. Nattereri adalah piranha yang paling banyak dipelihara oleh para Hobbyist di seluruh dunia. Karena kemudahan untuk mendapatkannya. Jenis ini bisa dikembang-biakkan di kolam dan juga di aquarium. Piranha nattereri biasa hidup berkelompok dengan itu untuk supaya tidak mudah takut atau stres, minimal 3 atau 6 ekor dipelihara di satu aquarium. Bila sudah merasa nyaman dan tidak stres, nattereri yang  berkelompok di aquarium menjadi agresif  kalau diberikan umpan ikan mati ataupun yang hidup.




Genus Serrasalmus :

Serrasalmus Rhombeus aka Black Piranha, Diamond rhombeus. Habitat  
sungai Amazonas, Orinoco, North and Eastern Guiana. Panjang 41cm. Piranha Rhombeus ini berburu secara soliter. Sifatnya sangat agresif dan teritorial, terutama yang specimen besar. Tidak dianjurkan untuk disatukan dengan piranha lainnya di dalam satu aquarium. Rhombeus dilaporkan juga pernah menggigit manusia, walaupun tidak mengakibatkan kematian. Tetapi karena rahangnya sangat kuat, gigitannya membuat luka yang sangat serius ataupun sampai di amputasi.
Untuk supaya nyaman dan tidak stres, rhombeus dewasa perlu aquarium ukuran minimal sekitar 160 liter.  

Serrasalmus Rhombeus -piranhalar.com

















Serrasalmus Manueli aka Green Tiger Piranha. Habitat sungai Llanos Venezuela, Rio Amazonas, Rio Negro.Panjang max 60cm di habitat aslinya. Manueli adalah piranha yang terbesar di genus serrasalmus dan cukup langka untuk diperoleh oleh hobbyist. Karena warnanya sangat bagus dan jarang tersedia, maka harganya bisa tinggi.
Piranha ini memerlukan kondisi air yang prima juga ukuran aquarium yang luas agar ikan ini selalu dalam keadaan sehat dan merasa nyaman.

Serrasalmus Manueli - Wikipedia



















Serrasalmus Irritans  Habitat sungai Orinoco Venezuela. Panjang 14cm.
Irritans termasuk genus Serrasalmus dengan size yang tidak besar. Karena karakternya yang sangat agresif dan teritorial, maka ikan ini tidak dapat disatukan dengan piranha lain di dalam aquarium.

Serrasalmus Irritans























Serrasalmus Elongatus  Habitat sungai Amazon dan Orinoco Venezuela. Panjang 30cm.
Elongatus mempunyai ciri bentuk badannya yang memanjang, dengan itu membuat ikan ini mampu berenang cepat di sungai berarus deras dan menyergap ikan yang menjadi mangsanya.
Piranha ini juga tidak bisa disatukan dengan piranha lain didalam aquarium,mengingat sifatnya yang agresif dan teritorial.

Serrasalmus Elongatus - piranhawarehouse.co.uk

















Serrasalmus Brandtii  aka White Piranha, Gold Piranha. Habitat sungai Sao Fransisco. Panjang 25cm. Seperti genus serrasalmus pada umumnya yang agresif dan teritorial ke ikan piranha lain. Maka ikan ini lebih bagus dipelihara secara soliter di dalam aquarium.

Serrasalmus Brandtii -www.akvaryum.com

















Piranha yang dipelihara

Hampir semua jenis piranha genus pygocentrus dan serrasalmus, didapat atau ditangkap dari alam liar. Kecuali jenis pygocentrus nattereri yang sudah terbukti cukup mudah dikembang-biakkan dalam kolam ataupun aquarium.

Tapi ada juga beberapa Publik Aquarium yang koleksi piranhanya berhasil menetaskan anak-anak ikan piranha dari genus serrasalmus.

Di Jakarta relatif mudah membeli ikan-ikan piranha jenis pygocentrus nattereri aka red bellied piranha. Saya sendiri membeli beberapa ekor nattereri dengan harga murah,yaitu Rp.7000 sampai Rp.15,000. Itu tergantung dari ukuran. Nattereri ini adalah hasil ternak dari hobbyist lokal yang mengembang biakkannya.

Selain nattereri, jenis lainnya seperti rhombeus, spilopleura, elongatus, piraya dan caribe, untuk membelinya agak sulit. Karena tidak banyak importir ikan yang menjual ikan-ikan piranha tersebut. Juga harganya relatif mahal. sekitar 1 sampai 10 juta. Tergantung jenis maupun ukurannya.



Kanibalisme

Kanibalisme suka terjadi di genus pygocentrus caribe dan pygocentrus nattereri  maupun piraya yang hidup secara berkelompok. Biasanya terjadi apabila ikan-ikan dalam keadaan stres karena terlalu sempit ruang yang ada di aquarium atau juga karena kelaparan tidak diberi makan dalam waktu tertentu. Tapi menurut hobbyist walaupun piranha dalam keadaan kenyang, tetap saja kanibalisme terjadi.Yang menjadi korban kanibalisme ialah ikan piranha yang ukurannya lebih kecil atau paling lemah di kelompok itu. Maka penting sekali para hobbyist memperhatikan faktor yaitu, ruang dan makanan yang cukup juga ukuran piranha yang tidak berbeda jauh antara satu dengan lainnya.Dan disarankan memelihara lebih dari 2 ekor supaya sifat agresif tersebar tidak ke satu individu piranha, dengan maksud mencegah kanibalisme terjadi.
 



Makanan Piranha


Mungkin beberapa orang tertarik untuk memelihara piranha dengan alasan senang melihat piranha-piranha merobek, mengoyak kemudian menyantap ikan hidup yang jadi mangsanya. Itu sah saja mengingat ikan hidup memang menjadi makanan piranha di habitat aslinya. Tapi bila diberikan pakan ikan hidup, sebaiknya diberikan ikan yang ukurannya kecil. Sehingga ikan itu dapat habis tidak tersisa dimangsa oleh piranha.

Ada juga hobbyist piranha yang memang senang memberikan pakan ikan hidup yang ukurannya besar. Tapi hal itu kurang baik, karena menyisakan badan ikan yang tidak habis dimangsa oleh piranha dan yang menyedihkannya ikan tersebut masih dalam keadaan hidup, walaupun sebagian badannya sudah hilang dimakan oleh piranha. Tentu hal itu menyiksa dan tidak patut.

Pakan untuk piranha bisa ikan laut beku seperti selar,kaca-kaca,tombro,ekor kuning, juga udang, cacing air atau cacing tanah yang tidak terkontaminasi oleh Pestisida. Hindari ikan-ikan ternak seperti mas, lele karena ikan-ikan tersebut mengandung zat Thiamese. Thiamese bisa mempengaruhi pertumbuhan piranha dan juga hal-hal buruk lainnya.

 Bila ingin memberikan pakan ikan hidup seperti cichlid, anak mujair atau sepat, maka sebaiknya ikan-ikan itu dikarantina dahulu selama 2 minggu. Tujuannya agar supaya mengetahui apakah ikan yang akan dijadikan pakan itu tidak membawa parasit atau virus yang nantinya dapat menular ke piranha yang kita pelihara.

Piranha juga dapat dibiasakan untuk menerima pakan berupa pelet. Berikan pelet yang berkualitas, seperti Hikari atau merk lainnya. Pelet tersebut mengandung unsur nutrisi yang bagus dan bermanfaat bagi pertumbuhan dan sistem imune.

Sekali-sekali boleh diberikan hati ataupun daging sapi, asal jangan terlalu sering. Karena hati sapi mengandung lemak yang cukup tinggi dan daging sapi agak sulit dicerna oleh piranha bila terlalu banyak.



Aquarium untuk piranha

Piranha dewasa yang berukuran kira-kira 15-20cm, memerlukan minimal aquarium 120 liter. Tangki yang lebih besar akan lebih baik. Misalnya genus Serrasalmus Irritans berukuran 15 cm, di aquarium 120 liter sudah cukup untuk waktu yang lama. Tapi kalau Serrasalmus Elongatus 15 cm, di tempatkan dalam aquarium size 120 liter masih dirasa kurang besar. Mengingat di habitat aslinya jenis piranha ini banyak bergerak dan suka berenang dengan cepat.

Untuk jenis pygocentrus nattereri dewasa, tangki 120 liter sudah cukup mendapat ruang. Hanya saja nattereri bila dipelihara single di aquarium, tidak dipelihara berkelompok, ikan tersebut kemungkinan akan menjadi pasif, mudah takut dan stres. Sebaiknya nattereri dipelihara sedikitnya 3 ekor dalam satu aquarium. Yang untuk 3 ekor ikan dewasa memerlukan minimal 320 liter.



PH air

Ph 5.5 sampai 8



Cahaya lampu aquarium

Air sungai atau danau di habitat aslinya sedikit keruh atau tidak mendapat cahaya banyak karena sinar Matahari terhalang oleh pohon-pohon besar dengan daun yang lebat. Maka piranha terbiasa dengan kondisi pencahayaan seperti itu.

Bila aquarium ingin dipasang lampu, maka pilihlah lampu yang agak redup.Karena lampu dengan intensitas cahaya yang tinggi dapat membuat piranha tidak nyaman, mudah kaget yang kemudian mengakibatkan stres. Atau bisa juga disiasati dengan memberikan tanaman air yang terapung dengan tujuan menghalangi intensitas cahaya dari lampu yang berlebihan.



Filter

Filter adalah media penting bagi kelangsungan hidup ikan di aquarium. Begitu juga dengan piranha yang kita pelihara, harus diberikan media filter secara optimal agar supaya piranha menjadi sehat, tidak mudah kena penyakit.

Jenis filter yang cocok untuk aquarium piranha adalah filter yang dapat menampung media biologi cukup banyak. Tujuan nya agar supaya kandungan Amonia, Nitrit yang berbahaya di air aquarium dapat di reduksi sampai tingkat yang aman bagi ikan.

Mengingat piranha adalah ikan predator, maka sisa makanan maupun kotoran yang dihasilkan cukup signifikan dan harus dinetralisir oleh media filter.

Semakin banyak ikan piranha yang dipelihara dalam satu aquarium maka semakin besar media biologi filter yang harus digunakan.

Jenis Canister Filter, cocok untuk di aplikasikan pada aquarium piranha. Canister filter yang ada dipasaran seperti merek Eheim, JBL, Fluval dll.



Penggantian air

Penting sekali mengganti minimum 25% air aquarium setiap minggu. Dengan maksud untuk menjaga kualitas air tetap baik dan aman bagi piranha. Hal ini juga meringankan beban media filter dalam mereduksi kadar zat berbahaya seperti Amonia dan Nitrit di dalam air.



Selamat memelihara ikan piranha.


Sumber :

Piranha Homepage : https://www.msu.edu/~torresm2/PIRANHAHOMEPAGE.html

Piranha Keepers     : http://piranhakeepers.com/index

OPEFE                  : http://www.angelfire.com/biz/piranha038/index.html

12 comments:

  1. Perlu pakai heater ga?
    Terus dasar akuariumnya boleh pakai pasir atau harus polos?
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  2. Kalau Pk Andy tdk tinggal ditempat yg temperaturnya rendah,misalkan 15-20 C. Sy pikir heater tdk diperlukan.

    Untuk dasar aquarium, boleh diberikan pasir atau batu-batuan kecil (gravel )...bisa juga ditambahkan akar kayu (driftwood) untuk meniru keadaan asli di dasar sungai.

    Demikian, semoga membantu

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. saya memelihara 1 rhombeus 3" 3 armatus payara 7" dan 2 pleco 9-10" di dlm 1 aquarium sdh 1 thun 3 bulan, selama ini rhombeus saya tidak prnah mnyerang tankmates nya.
    saya cma mau tnya apakah ini hal yg biasa pada rhombeus yg trglong msh muda at rhombeus saya yg abnormal?
    ayah saya yg beli ikan ini di jakrta sltan lngkap dgn surat2nya.

    ReplyDelete
  5. Bisa jga ukuran sgitu belum bgitu keluar sifat agresifnya. Mungkin nanti setelah mencapai ukuran dewasa, rhombeus akan jadi agresif.

    Atau mungkin karena tankmates nya lebih besar sizenya. apalgi payara jga ikan predator yg agresif.

    Menurut sy dipisah aja rhom nya

    ReplyDelete
  6. Pagi...
    saya ada Ikan Piranha ( Caribe ) 15 ekor , sudah 1 bulan memelihara piranha tapi terakhir" ini setiap hari mati 1 ikan. Saya mengasi makan ikan piranha rutin 1 hari 5 ekor ikan nila berukuran kecil. skrng sisa 13. Bisa kasi saran pak ?

    ukuran aquarium 40 x 40 x 25

    bisa beri saran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang bener pak.... pygo caribe nya ukuran brapa? klau pendapat saya 15 ekor di tank ukuran 40x40x25cm sangat terlalu kecil........caribe lebih agresif dari pada red bellied piranha. Tingkat kanibalisme nya tinggi, terutama ikan ukuran dibawah 12cm. Itu terjadi karena jumlah yg terlalu banyak di aquarium yg sempit.

      Saran sy utk ukuran aquarium 40x40x25cm baiknya di isi 3 - 4 ekor caribe ukuran skitar 5cm. Klau makin besar, harus dikurangi lgi utk menghindari kanibal antara piranha.

      Delete
  7. mas boleh minta CPnya ga??
    saya Kania dr NET. mau undang kolektor ikan piranha utk talkshow di INDONESIA MORNING SHOW

    bisa hub ke 085722249828

    ReplyDelete
  8. Saya pengen bagt melihara ikan piranha, didaerah saya (samarinda) tidak ada yang jual. Ada yg bisa kirim2 dari pulau jawa g ya?? Klo ada ini kontak ane 085221247777

    ReplyDelete
  9. punya saya ikan piranhanya bintik bintik itu jenis apa

    ReplyDelete
  10. bang bisa tdk kirim ikan piranha ongkir dan harga dicantumkan di kota Pontianak. no hp saya 085245101993

    ReplyDelete